Final Project PBO - Cash Register Application
1.
Amati
mesin cash register/POS yang digunakan untuk transaksi pembayaran.
a. Merk
Merk mesin cash register/POS transaksi pembayaran yang
kami amati adalah “McDonalds”.
b. Fungsi/fitur yang
tersedia
Dalam aplikasi terdapat
fitur-fitur antara lain :
o
Daftar Items ;
menampilkan items beserta detailnya.
o
Pembelian ;
membeli items.
o
Total Harga ; menampilkan
total harga yang harus dibayarkan.
o
Receipt ;
menampilkan items yang dibeli beserta detailnya.
o
Exit ; keluar
dari system.
c.
Gambarkan dan
jelaskan bagian-bagiannya
2. Dengan menggunakan Bahasa java buatlah aplikasi cash
register tersebut. Tambahkan fitur untuk menambah daftar barang yang dijual,
mengedit, menghapus, menyimpan data dan mencetak bukti transaksi.
Dalam system yang kami
amati, sudah terdapat fitur untuk mencetak bukti transaksi, maka fitur-fitur
yang perlu ditambahkan adalah menambah barang, mengedit, menghapus, dan
menyimpan data. Berikut adalah skema fitur tambahan yang kami buat :
Berikut
adalah penjelasan menu sebagai fitur-fitur tambahan :
a. Tambahkan Item ;
menambahkan item ke dalam system.
Untuk
menambahkan item ke system, user perlu menginputkan detail dari item yang
meliputi nama item, kode item, kuantitas serta harga.
b. Hapus Item ;
menghapus item dari system.
Untuk menghapus
item dari system, user perlu menginputkan kode item yang hendak dihapus.
c. Daftar Items ;
menampilkan item beserta detailnya.
Pada menu
“Daftar Item” akan ditampilkan item-item yang tersedia pada system beserta
dengan detailnya, antara lain nama item, kode item, kuantitas, dan harga.
d. Tambah Stok ;
menambah stok ketersediaan item.
Untuk
menambahkan stok item, user perlu menginputkan kode item beserta kuantitas item
yang hendak ditambahkan.
Berikut merupakan program Point of Sales dari skema yang
telah dibuat dengan menggunakan Bahasa Java dengan IDE BlueJ :
Class yang dipakai :
Penjelasan Class :
1. ItemUI
Pada class ItemUI, terdapat
main fungsi untuk mengatur tampilan aplikasi yang dibuat dan memberikan kondisi
– kondisi tertentu untuk mengeksekusi program.
2. Item
Class Item berisi
deklarasi variable-variable detail dari item yang terdapat pada system, serta
fungsi display untuk menampilkannya.
3. ItemList
Class ItemList
berisi inisiasi nilai-nilai awal dari variable-variable detail dari item.
Syntax dari masing-masing
Class :
Item UI :
Item :
ItemList :
Hasil Run Program :
1. Tampilan awal
2. Menambahkan item
3. Daftar Item
4. Pembelian
Melakukan pembelian bubur ayam dengan kode item 001 dan coca-cola dengan kode item 010 dengan kuantitas masing-masing 2 buah.
5. Menampilkan receipt
6. Menampilkan total harga
7. Menambahkan stok Rica-Rica Fish dengan kode item 004 sebanyak 5 buah
8. Menghapus bubur ayam dengan kode item 001 dari daftar item
Komentar
Posting Komentar